Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Selasa, 27 November 2012

AGAMA DAN MASYARAKAT


AGAMA DAN MASYARAKAT

Peran agama di dalam masyarakat sangat berpengaruh penting bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. agama menjadi suatu tolak ukur bagi masyarakat untuk melakukan dan menilai suatu. di indonesia terdapat berbagai macam agama di dalam masyarakat, tapi setiap agama mempunyai suatu kedaulatan masing masing. dan semuanya telah di atur dalam undang-undang dan pancasila. agama didalam masyarakat adalah kumpulan norma-norma serta toleransi antar sesama manusia atau masyarakat.

Kaitan agama dengan masyarakat banyak dibuktikan oleh pengetahuan agama yang meliputi penulisan sejarah dan figur nabi dalam mengubah kehidupan sosial, argumentasi rasional tentang arti dan hakikat kehidupan, tentang Tuhan dan kesadaran akan maut menimbulkan relegi dan sila Ketuhanan Yang Maha Esa sampai pada pengalaman agama.
Semakin seiringnya berkembangn ilmu pengetahuan, bahwa pada masyarakat modern agama akan lenyap karena pada masyarakat modern dikuasai oleh teknologi dan birokrasi. Tetapi pemikiran tersebut itu belum terbukti dalam kurun waktu terkhir ini. Sebagai contoh yang terjadi di negara-negara komunis seperti Rusia, RRC, Vietnam yang menerapkan penghapusan agama karena tidak sesuai dengan ideologi negara tersebut, tetapi beberapa orang yang berhasil mempertahankan agama tersebut, bahkan umat beragama semakin meningkat. Dengan mengirasionalkan agama bahwa agama adalah sesuatu yang salah dalam pemikiran, tetapi dengan sendirinya umat beragama dapat berpikir dan mengetahui apa yang dipikirkan mengenai agama. Sehingga umat beragama dapat memahami apa arti sebuah agama dan manfaatnya.

Seharusnya dengan kita bisa mentoleransi agama itu kita bisa mengerti agama lain itu seperti apa, kenapa kita harus ada toleransi beragama. Karena dengan adanya toleransi antar agama atau menghormati agama lain itu sangat lebih damai dan tentram.


sebagian sumber info ini dari :

- http://ijonkhandy.blogspot.com/2011/11/agama-dan-masyarakat.html

- http://abiand.wordpress.com/tugas/9-agama-dan-masyarakat/

 


universitas : http://www.gunadarma.ac.id./

  • Nama :Fikri Hartadi
  • NPM :12112941
  • Kelas : 1KA11
  • Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar (Soft Skill)
       

      

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates