Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 07 Juni 2014

Genghis Khan



Genghis Khan

Genghis Khan atau nama asalnya Temüjin, yang dieja Temuchin atau TiemuZhen, adalah khan Mongol dan ketua militer yang menyatukan bangsa Mongolia dan kemudian mendirikan Kekaisaran Mongolia dengan menaklukkan sebagian besar wilayah di Asia, termasuk utara Tiongkok (Dinasti Jin), Xia Barat, Asia Tengah, Persia, dan Mongolia. Penggantinya akan meluaskan penguasaan Mongolia menjadi kekaisaran terluas dalam sejarah manusia. Dia merupakan kakek Kubilai Khan, pemerintah Tiongkok bagi Dinasti Yuan di China.
Genghis Khan dilahirkan dengan nama Temüjin sekitar tahun 1162 dan 1167, anak sulung Yesügei, ketua suku Kiyad (Kiyan). 

Sedangkan nama keluarga dari Yesügei adalah Borjigin (Borjigid). Temujin dinamakan seperti nama ketua musuh yang ditewaskan ayahnya.

Latar perjuangan.
-        -  Menyatukan Mongolia.
-        -   Memerangi kerajaan Jin.
-       -    Invasi ke Timur Tengah.

Kenapa saya memilih dia di postingan kali ini mungkin saya sangat suka cara kepemimpinannya, dia seorang yang berjiwa pemberani dalam mengambil keputusan dan pintar dalam hal strategi menurut saya bukan berarti menurut kalian juga loh.

Kenapa saya suka cara kepemimpinan dia saat saya baca autobiografi dia saat memerangi kerajaan jin. Kerajaan jin berasal dari suku Jurchen. Suku Jurchen berhasil menguasai wilayah utara Cina selama lebih dari 100 tahun. Hal ini akan menjadi kesulitan besar untuk Jenghis Khan dalam menunaikan tugasnya. 

Kerajaan Jin memiliki jumlah pasukan yang hampir mendekati jutaan jiwa (lebih dari 10 kali lipat dari pasukan Jenghis Khan pada waktu itu).

Mereka hidup aman dibalik tembok kerajaan yang besar dan susah untuk diserang. Jenghis Khan berhasil meruntuhkan semangat perang dan kekuataan kerajaan Jin dalam berbagai peperangan. Salah satunya adalah perang di Tebing Serigala Liar, dimana Jenghis Khan yang hanya memiliki pasukan tidak lebih dari 100.000 tentara berhasil membabat pasukan musuh yang besarnya lebih dari setengah juta jiwa.

 Kejayaan Jenghis Khan terbukti dari keberhasilannya dalam merebut ibukota kerajaan Jin, Dadu, yang sekarang ini menjadi Beijing. Para seniman (artis), ahli senjata (terutama ahli senjata berat/siege weapon), dan barang berharga, semuanya dibawa kembali ke Mongolia sebagai budak dan rampasan perang.

Dari sini saya mulai tertarik dengan sorang pemimpin Genghis Khan dari cara strategi dank e wibawaaanya menurut pendapat saya. Mungkin saya hanya bisa menjelaskan sedikit tentang sejarah Genghis Khan. Di akhir kata mohon maaf bila ada salah kata atau ucap dan selamat membaca postingan lain saya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jenghis_Khan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates